HEADER

HEADER
LITBANG MANDIRI NEWS

I want to use Google Plus / Google +

Apakah kalian masih asing dengan google Plus ? jika ia saya beritahu google plus adalah jejaring sosial terbaru selain Facebook,. Romannya jejaring ini akan menyaingi pendatang lamanya yaitu Facebook,.

Alamatnya di plus.google.com. Terus apa bedanya ama Facebook? Dua-duanya sama-sama social networking. Nah mau milih yang mana pasti karena alasan tertentu dong ya. Kayak dulu saya lebih milih Friendster karena kemudahan update status dan add teman. Tapi setelah tau ternyata lebih banyak menemukan temen lama di FB, akhirnya hijrah total ke FB. Sekarang, akankah hijrah ke G+? Ntar dulu. Liat dulu kayak apa dan bisa apa aja si G+ ini.

Fitur-fitur standar G+ sama aja kayak FB ya, bisa update status, add temen, upload foto, chatting dll. Tapi ada loh fitu-fitur G+ yang FB ngga punya. Apa aja tuh?
1. Fitur Circle.
Fitur ini dipake untuk ngelompokin temen-temen. Bisa keluarga, kantor, hangout, alumni SD, SMP, whatever. Lah, apa bedanya ama Group di FB? Beda bos, kalo group di FB itu kayak forum. Ini lebih mirip kayak group di Blackberry. Jadi kita bisa share status, foto dll berbeda-beda di tiap circle. Naaaa….pasti ada yang langsung tuiing…ini yang ane butuh neh. Kita pisahin temen kantor, atasan, bawahan dll dengan temen dugem, bebas dah. Lagi bete di kantor, misuh-misuhin bos, atau nggosip bisa di circle lain hahaha enak khan? Atau, ada yang bikin circle khusus penggemar gambar jorok hahaha….fitur ini bisa membuka sejuta kenungkinan (dan penyalahgunaan juga hehehe).

2. Hangouts.
Ini fitur untuk live video chatting. Bisa video chat rame-rame (multi user). Yang suka pake Camfrog pasti suka fitur ini neh hahaha…fitur ini katanya juga bisa buat nonton bareng video Youtube. Jadi kita di satu group bisa nonton cuplikan pertandingan bola atau whatever lah, trus ngasih komen (kalo di FB khan kita share video trus semua bisa nonton tapi ngga barengan. Kalo ini real time barengan). Tapi saya sangsi fitur ini banyak yang pake di Indonesia, secara Internet kita you know lah ya….lambrettaaaa

3. Sparks.
Fitur Sparks ini seperti make google search engine untuk nyari sesuatu di Internet. Tapi, lebih dari itu, Sparks bisa nyimpen topik yang kita cari itu (dinamain Interest) jadi kalo suka bola ya bikin interest Bola, nanti tiap kita klik keluar semua info tentang bola. Terus setiap link yang kita buka, bisa kita share ke temen, dan bisa dikomentari. Asik khan?

4. Auto upload.
Kalo kita pake G+ versi mobile, terus waktu mau motret pake hape kita pake G+nya, kita bisa set supaya fotonya diupload secara otomatis. Nanti ditampung dulu ama G+ sampai 8 jam (lewat itu bakal dihapus), terus kita bisa buka lagi dan share ke temen-temen. Saya sih ngga sreg ama fitur ini karena ngabisin pulsa/ kuota internet (ntar foto kabur juga keupload) dan ngga penting-penting banget gitu loh buat buru-buru ngupload foto.

5. Quit.
Ya, fitur buat berhenti/ ngapus account. Jangan ketawa ya, coba apa di FB kita bisa ngapus account kita? Ngga bisa, sodara-sodara. Yang bisa dilakuin adalah deactivate, artinya menonaktifkan account, tapi ngga ngapus. Terus kenapa? Nah, account yang deactivated itu masih ada, dan masih bisa dikirimin macem-macem ama temen, walaupun sampeyan dah cuek ngga liat lagi. Kalo suatu saat pengen aktif lagi bisa, tinggal activate aja. Tapi fitur Quit di G+ ini cerai talak tiga. Kagak bisa balik. Apa gunanya? Ya in case kalo mau bener-bener putus hubungan dengan G+ dengan pertimbangan ketauan selingkuh ma istri, artis kena kasus, dll. Terus semua yang udah diupload gimana? Messages? Tenang, semua itu bisa didownload. Kalo ada yang hilang? Ya salah lu sendiri kenapa Quit hehehe…

Apakah Google+ menang segalanya dari FB? Ngga juga. So far (artinya : sampai detik ini, jadi besok-besok mungkin udah berubah lagi karena khan G+ masih baru dan dikembangkan terus) ada hal-hal yang G+ ngga punya. Apa itu?
1. Game. Naa, G+ belum ada gamenya.
2. FB bisa otomatis ngupdate status yang sama ke Twitter, G+ kagak bisa.
3. Di FB bisa hide status seseorang (kalo kita terganggu ama orang itu, misalnya iklan mulu. Kalo saya sih, sekalian di-del aja dari daftar temen hehehe)
4. Di FB ada birthday reminder, G+ blom ada.
5. Di FB bisa bikin event terus ngundangin temen-temen. Semua hajatan dari kawinan sampe sunatan bisa diumumin dan kita bisa lacak sapa yang mo dateng sapa yang ngga. Google punya Google Calendar, jadi kayaknya bentar lagi punya fitur ini juga.
6. Di FB ada polling, bisa bikin survey. Misalnya asikan mana Depe apa Jupe hehehe

Nah, tunggu apa lagi? Mmmmm, tunggu sampai G+ di-launching dulu ya hihihi. Yaah, jadi? Iya, masih trial version sodara-sodara. Dan itupun sistemnya kayak Gmail dulu, daftarnya berdasarkan undangan/ invitation kagak bisa daftar sembarangan. Jadi sabar yah…mudah-mudahan dalam waktu dekat dah dirilis. Paling ngga sekarang bisa nimbang-nimbang dulu penting ngga hijrah ke G+

No comments

INFO GTK SUDAH DAPAT DI AKSES TPG TW 1 SUDAH MULAI DI DISTRIBUSIKAN !

Berita gembira bagi para guru sertifikasi! Tunjangan Profesi Guru (TPG) Triwulan I tahun 2024 sudah mulai cair di beberapa daerah di Indone...